Pemprov Jatim Komitmen Wujudkan Kedaulatan Pangan

Pemprov Jatim Komitmen Wujudkan Kedaulatan Pangan

Jatim Komitmen Wujudkan Kedaulatan Pangan
Surabaya
- Pemprov Jatim berkomitmen mewujudkan kedaulatan pangan nasional melalui pemanfaatan agriculture technology (agritech) dan hilirisasi produk pertanian. Sebab, potensi produk pertanian di Jatim sangat besar dan provinsi dengan produsen padi terbesar di Indonesia.
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa Jatim masih menjadi provinsi penyumbang terbesar sebagai lumbung pangan nasional di tahun 2021. Itu dihitung berdasar angka sementara produksi padi yang dirilis oleh BPS Jatim. Dengan total 9.91 juta ton Gabah Kering Giling (GKG).

"Tentu bentuk komitmen Jatim turut mewujudkan kedaulatan pangan nasional. Dan alhamdulillah, Jatim merupakan provinsi penghasil padi terbesar se Indonesia," kata Khofifah, Kamis (3/2/2022).

Kini, Khofifah memiliki misi khusus. Yakni memaksimalkan produksi padi di Jatim agar bisa menjadi beras premium. Karena, sebagian besar produksi padi di Jatim masih menjadi beras medium.

"Karena kandungan air dalam beras yang masih tinggi. Selain itu, masih banyak gapoktan yang belum memiliki dryer," kata Khofifah.